Home » » Tips Mencegah Mata Lelah Memakai Komputer

Tips Mencegah Mata Lelah Memakai Komputer

Diposting oleh : Posted on Jumat, 22 Maret 2013 - 08.02 with No comments

Tips Mencegah Mata Lelah Memakai Komputer
Tips Mencegah Mata Lelah Memakai Komputer - Beberapa dari kita tentu memiliki kebiasaan untuk bekerja berlama-lama di depan komputer, entah untuk bekerja atau melakukan hal lain seperti bermain game dan browsing. Efek mata lelah dan kepala pening pun tak dapat dihindari. Tips Mancegah Mata Lelah Memakai Komputer dibutuhkan bagi para pengguna komputer yang telah duduk berlama-lama:

1. Sesuaikan Posisi Monitor Komputer

Sebuah penyesuaian sederhana terhadap posisi monitor komputer Anda bisa menjadi salah satu cara untuk mengatasi mata lelah. Untuk kenyamanan yang lebih optimal paling tidak monitor harus berjarak sekitar 40-60 centimeter dari mata Anda. Posisi atas monitor komputer Anda juga sebaiknya sebatas mata, sehingga Anda akan melihat kebawah saat memandang monitor bukan keatas.

2. Sesuaikan Pencahayaan

Pengaturan cahaya di dalam ruangan kantor baik cahaya lampu maupun sinar matahari dari jendela bisa menimbulkan pantulan pada layar monitor sehingga dapat membuat mata Anda cepat lelah. Atur posisi monitor sehingga tidak terjadi pantulan yang bisa mengganggu pandangan Anda.

3. Gunakan Aturan 20-20-20

Anda bisa menerapkan aturan ini untuk mengurangi mata lelah akibat berada lama di depan monitor. Setiap 20 menit carilah sebuah objek yang berjarak sekitar 20 kaki (6-7) meter dan tataplah selama kurang lebih 20 detik. Tips ini diberikan oleh labnol.org yang ditujukan untuk memberikan latihan kepada mata dan memberikan jeda bagi mata dari pancaran sinar yang terang dari monitor.

4. Gunakan kacamata anti radiasi

Walau hal ini membutuhkan biaya yang relatif lebih mahal, namun ada baiknya saat memiliki cukup uang kita membeli kacamata anti-radiasi. Selain bisa dibawa kemanapun kita bekerja, kacamata ini tak hanya berguna saat kita bekerja di depan monitor, namuna juga melindungi mata dari cahaya lampu mobil, radiasi TV, dan sebagainya.

Faktanya lapisan anti-radiasi pada kacamata tersebut, sangat berguna bagi mata kita. Karena lapisan tersebut secara otomatis mengurangi efek nyeri di mata akibat radiasi cahaya berlebih.

5. Mengistirahatkan mata sejenak, secara berkala

Cara termudah menghindari mata lelah akibat radiasi monitor adalah mengistirahatkannya secara berkala. Cobalah untuk mengistirahatkan mata sekitar 5 menit tiap jamnya. Kita dapat menggunakan waktu 5 menit tersebut untuk berjalan-jalan, melihat pemandangan, mencuci muka dan sebagainya. Yang penting menjauh dari monitor.

Demikianlah "TIPS MENCEGAH MATA LELAH" dari kami. Semogga dapat bermanfaat pagi anda.

Description: Tips Mencegah Mata Lelah Memakai Komputer Rating: 4.9 Reviewer: isroi - ItemReviewed: Tips Mencegah Mata Lelah Memakai Komputer
Info lebih lanjut >>

0 komentar:

Posting Komentar