Home » , » Penyebab Anak Menjadi Gagap

Penyebab Anak Menjadi Gagap

Diposting oleh : Posted on Kamis, 28 Maret 2013 - 23.20 with No comments

Penyebab Anak Menjadi Gagap
Penyebab Anak Menjadi Gagap - Anak-anak yang mengalami gangguan gagap ini mempunyai kesulitan mengartikan ucapan orang lain, terutama yang bersifat abstrak. Mereka sering salah mengartikan pertanyaan, komentar, atau cerita yang panjang. Kriteria diagnosis memerlukan intelegensi non-verbal yang normal untuk cara mengatasi gagap ini

Prognosis kurang baik dibandingkan gangguan berbahasa ekspretif. Pada masa sekolah mereka akan tertinggal oleh teman sebayanya. Karena komprehensi kurang baik, dapat muncul gangguan atensi. Kira-kira 40-60% akan mengalami gangguan fonologi, sedangkan 50% mengalami gangguan membaca. Masalah bahasa, dikombinasi dengan kesulitan membaca atau atensi akan menyebabkan kemampuan akademik yang kurang, rasa percaya diri yang rendah, motivasi yang rendah dan isolasi sosial.

Mereka akan dapat berbicara, tetapi terlambat dibandingkan anak sebayanya. Pada masa dewasa, kemampuan bicara cukup untuk komunikasi sehari-hari, tetapi mereka tetap menunjukan kesulitan bila harus mengartikan atau menceritakan suatu masalah yang kompleks.

Efek Gagap

Efek gagap secara fisik mungkin tidak bergitu berpengaruh namun secara psikologis mereka biasanya minder dan malu memiliki kekurangan dalam hal berbicara di depan umum. Mereka mungkin akan menjadi pendiam dan hanya bicara ke orang-orang yang dekat saja. Rasa tidak percaya diri selalu ada terus-menerus dan mungkin ada rasa putus asa jika penderita gagap dikucilkan dan selalu dicemohkan orang yang berada di sekitarnya.

Penyebab Gagap

Gagap bisa disebabkan oleh faktor fisik maupun psikologis. Penyebab fisik yaitu kemungkinan berasal dari keturunan yang menyebabkan ketidaksempurnaan secara fisik seperti gangguan pada syaraf bicara, gangguan alat bicara, keterbatasan lidah. Penyebab psikologis yaitu ketegangan yang berasal dari reaksi seseorang terhadap lingkungannya (orang tua, teman, dll), karena gangguan emosi, hingga stress mental karena sesuatu yang dirasakan tidak dapat dilakukannya.

Pada gangguan bicara ini secara tak terkontrol sering terjadi pengulangan, pemanjangan kata/suku kata, penghentian (silent block), kadang didapatkan juga ketegangan yang berlebihan pada muka, tenggorokan serta rasa takut selama bicara. Kadang timbul suara nafas yang tidak biasa atau seperti memerlukan perjuangan untuk mengeluarkan kata.

Pengobatan

1. Hipnoterapi Gagap Bicara di depan umum

Hypnosis secara perlahan telah menunjukkan keberadaannya seiring dengan semakin meningkatnya penerimaan pada dunia medis. Hypnosis banyak digunakan dibidang seperti pengobatan untuk mengubah mekanisme otak manusia dalam menginterprestasikan pengalaman dan menghasilkan perubahan pada persepsi dan tingkah laku. Aplikasi hypnosis untuk tujuan perbaikan (therapeutic) dikenal sebagai hypnotherapy.

Hipnotherapi telah terbukti memiliki beragam kegunaan untuk mengatasi berbagai permasalahan yang berkenaan dengan emosi dan perilaku. Hypnosis sangat berguna dalam mengatasi beragam kasus berkenaan dengan kecemasan, ketegangan, depresi, phobia dan dapat membantu untuk menghilangkan gagap bicara di depan umum. Dengan memberi sugesti, seseorang terapis dapat membangun berbagai kondisi emosional positif berkenaan dengan permasalahan public speaking.

Hipnoterapi dapat digunakan untuk mereduksi kecemasan yang mengambil alih kontrol individu atas dirinya. Hal ini dapat diwujudkan dengan menciptakan suatu gambaran nyata tentang kondisi yang menyebabkan gagap namun individu tetap dalam kondisi relax, sehingga membantu mereka untuk menyesuaikan ulang reaksi mereka pada kondisi yang menyebabkan gagap berbicara di depan umum menjadi normal dan respon yang lebih tenang.

2. Akupunktur/ Pijat Syaraf Gagap

Akupunktur maupun pijat syaraf gagap juga dapat membantu proses penyembuhan secara fisik. Akupunktur akan berfokus pada titik-titik akupunktur pada daerah mulut, wajah, leher, tengkuk dan jantung agar aliran darah di daerah tersebut dapat berfungsi dengan lancar sehingga ketika orang yang ingin berbicara di depan mampu mengeluarkan suara dengan baik dan jantung tidak berdebar-debar dan normal.

Pijat syaraf gagap akan berfokus pada daerah wajah dan leher. Pemijatan tersebut juga akan membantu pengobatan akupunktur "ANAK YANG GAGAP"  dapat memperbaiki syaraf-syaraf gagap yang terganggu dan melancarkan aliran darah sehingga pada saat berbicara di depan umum, suara maupun konsentrasi dapat terjaga dengan baik.



Description: Penyebab Anak Menjadi Gagap Rating: 4.9 Reviewer: isroi - ItemReviewed: Penyebab Anak Menjadi Gagap
Info lebih lanjut >>

0 komentar:

Posting Komentar