Home » » Cara Mengatasi Penyakit Sesak Nafas

Cara Mengatasi Penyakit Sesak Nafas

Diposting oleh : Posted on Jumat, 29 Maret 2013 - 06.41 with No comments

Cara Mengatasi Penyakit Sesak Nafas

Cara Mengatasi Penyakit Sesak Nafas - Penyakit Sesak Nafas terkadang membuat kita khawatir bagaimana mengatasinya. Terkadang apbila anak anda mengalami sesak nafas maka membuat khawatir anda. Berikut merupakan uraian cara mengatasi sesak nafas.

Makanan yang menyebabkan produksi lendir berlebih adalah produk dari susu, tepung, nasi putih, dan permen. Penyebab sesak nafas yang keempat dapat pula karena kurangnya asupan cairan sehingga lendir pada paru-paru dan saluran nafas mengental. Kondisi ini juga menjadi situasi yang menyenangkan bagi mikroba untuk berkembang biak. Masalah pada susunan tulang atau otot tegang pada punggung bagian atas akan menghambat sensor syaraf dan bioenergi dari dan menuju paru-paru.

Dan juga dapat menimbulkan sesak nafas adalah ketidakstabilan emosi. Pengetahuan akan cara bernafas yang baik dan benar akan bermanfaat dalam jangka panjang baik terhadap fisik maupun emosi seseorang. Jalan keluar untuk mengatasi sesak nafas yang paling cepat adalah berada pada lingkungan hijau dan lapang. Pada penderita yang peka, hal ini akan menyebabkan munculnya serangan batuk, bunyi mengi, banyak dahak, sesak nafas, dan rasa tidak enak di dada terutama pada malam hari atau menjelang pagi. Tetapi kejadian tersebut biasanya ditemukan pada keluarga atopik (keluarga alergi) yang dapat mewariskan sifat alergi ini kepada turunannya.

Kelainan utama penyakit asma adalah peradangan saluran nafas, sehingga pengelolaannya bukan ditujukan untuk menghilangkan sesak nafas semata, tetapi juga berbagai tujuan berikut yaitu, agar penderita dapat melakukan latihan jasmani termasuk lari dan olah raga lain, mempunyai fungsi paru mendekati normal dan gejala asmanya menghilang atau minimal. Tujuan lain adalah agar serangan asma minimal, pemakaian obat untuk serangan sesak berkurang, dan tidak ditemukan efek samping obat.
Dalam panduan GINA (Global Initiative for Asthma) 2002 yang dibuat oleh National Heart, Lung and Blood Institute & World Health Organization (NHBLI/WHO), menyebutkan untuk mewujudkan tujuan tersebut, dokter maupun penderita asma dianjurkan untuk mempelajari, memahami, dan mengerjakan apa yang disebut "tujuh jurus ampuh untuk mengatasi penyakit asma".

Penyuluhan (edukasi) mengenai penyakit asma pada penderita asma dan keluarganya. Dari semua jenis obat yang tersedia, pemakaian obat inhalasi lebih diutamakan mengingat efeknya yang cepat, dosis yang kecil dan efek samping yang minimal meskipun diberikan dalam jangka panjang. Mengobati atau mengelola penyakit asma. Namun, penderita asma dengan tipe persisten ringan, persisten sedang dan persisten berat, harus mendapatkan terapi pencegahan secara bertahap disesuaikan dengan klasifikasinya.
Untuk memudahkan penanganan, penderita yang sedang mengalami serangan asma, dibagi menjadi 3 kriteria, yaitu penderita dengan serangan asma ringan, serangan sedang dan serangan berat. Namun penderita yang mendapatkan serangan sedang dan berat harus ditangani di rumah sakit.

Mempelajari dan memahami faktor-faktor pencetus serangan asma (allergen), dan mengetahui cara mengendalikannya. Bila keadaan dan kebugaran jasmani penderita memang telah membaik, pengobatan dapat dihentikan.
Mengingat keadaan sosial ekonomi di Indonesia yang cukup beragam, para dokter diharapkan dapat mengadaptasi pengelolaan asma sesuai dengan situasi dan kondisi yang ada. Biasanya sih penyakir ini menyerang ketika hawa /udara terasa dingin.

Penyebab penyakit sesak nafas bermacam-macam.Bila sesak nafas yang biasanya muncul secara mendadak, maka itu adalah gejala penyakit yang membutuhkan perhatian dari dokter, Sesak nafas dapat disebabkan oleh beberapa penyakit, misalnya penggumpalan darah pada paru-paru, asma, tapi ada juga yang terjadi akibat kehamilan

Dalam bentuk kronisnya, sesak napas merupakan suatu gejala penyakit-penyakit seperti asma, emfisema, beberapa penyakit paru-paru lain.

Macam - Macam Sesak Napas (Dyspnea):

Hal yang dilakukan untuk mengatasi sesak napas, biasanya adalah pemberian obat-obatan yang melebarkan saluran pernapasan yang menyempit.

Untuk menghindari sesak napas terjadi secara berulang, sebelumnya harus diketahui penyebabnya terlebih dahulu, lalu diobati, misalnya; berikan obat asma, bila kena penyakit asma, atau berikan obat TBC bila orang tersebut menderita penyakit TBC. Jika sesak napas yang ringan pada wanita hamil, tidak memerlukan obat pereda sesak napas. Sesak napas yang ringan umumnya tidak berbahaya dan tidak mempengaruhi jumlah oksigen yang di dapat bayi yang ada di dalam kandungan. Tetapi, jika wanita hamil tersebut mengalami sesak napas yang berat atau mempunyai penyakit asma, segera berkonsultasi kepada dokter kandungan untuk mendapatkan penanganan yang tepat bagi ibu dan bayi yang dikandungnya.

Cara mengatasi sesak napas pada wanita hamil Dianjurkan bagi wanita hamil untuk menjaga postur tubuh dengan benar, seperti duduk atau berdiri dengan tegak, kurangi dan perlambat pergerakkan , misalnya berjalan dengan lebih lambat, memberi bantal sebagai sandaran pada tubuh bagian atas ketika tidur. Banyak diantara kita yang sering mangalami serangan sesak nafas, dan hampir semua orang biasanya pernah mengalaminya, hanya bedanya seberapa sering terjadinya dan dampak setelah itu, serta gejala yang mungkin dialami si penderita sesak nafas.

Sesak nafas juga terjadi tidak mengenal usia dan jenis kelamin, tua muda bahkan anak, baik pria maupun wanita. Oleh karena itu, kita harus mengenalinya dan tahu cara mengatasinya, karena apabila kita lengah dan tidak tahu mengatasinya maka setidaknya akan menimbulkan ketidaknyamanan jelang berapa waktu atau parahnya hingga terjadinya kematian. Sesak nafas dikenal dengan dyspnea, umumnya serangan sesak nafas ini terjadi atau muncul secara mendadak, sesak nafas ini sendiri bisa disebabkan oleh beragam penyebab diantaranya asma, penggumpalan darah pada paru-paru, obesitas dan karena kehamilan.

Sesak nafas krosnis merupakan gejala penyakit asma, emfisema dan beberapa penyakit paru-paru lainnya. Yang lebih umum biasanya penyakit asma.Sesak nafas atau yang dikenal juga dengan “Sortness Of Breath” merupakan kejadian dimana rasa sulit bernafas yang kerap terjadi ketika melakukan aktivitas fisik, sesak nafas bisa merupakan gejala dari beberapa penyakit dan dapat bersifat akut atau kronis.

Cara Mengatasi Sesak Nafas baiknya adalah dengan cara menanggulangi sejak dini, sehingga serangan sesak nafas dapat dihindari. diantaranya dengan berolahraga ringan dan berikan tubuh semacam nutrisi yang mampu menggulangi sesak nafas diantaranya adalah dengan mengkonsumsi madu hitam pahit. Tingkat keparahan rasa dari sesak nafas bergantung dari penyebabya, perasaan sesak itu merupakan hasil dari kombinasi impuls atau rangsangan ke otak syaraf yang berakhir di alveolus (paru-paru), tulang iga dan otot dada diafragma.

Pada penderita yang cepat terganggu pikirannya atau cepat stress maka rasa sesak nafas akan semakin terasa karena digabung dengan rasa gelisah yang memuncak karena ketidaknyamanan tersebut. Bahkan pada sebagian kasus ada yang sulit menggerakan otot dada, sakit pada dada, merasa tercekik, merasa kejang-kejang di sekitar dada. Dengan tahu dari penyakit sesak nafas ini kita diharapkan tahu cara mengatasi sesak nafas yang efektif dan aman bagi tubuh sehingga tidak terjadi dampak yang buruk atau efek samping. Sesak nafas harus segera diatasi, buka hanya karena mnyebabkan rasa tidak nyaman karena sulitnya bernafas, tapi dikhawatirkan hal terburuk yaitu menyebabkan kematian.

Cara mengatasi sesak nafas, biasanya diberikan obat yang dapat melebarkan saluran pernafasan yang menyempit pada paru-paru. Namun obat sesak nafas yang banyak dipasaran dan diyakini bisa langsung melegakan sesak berasal dari obat kimia. Seperti yang telah umum diketahui, konsumsi obat kimia bisa-bisa menimbulkan efek yang lain setelahnya apalagi dikonsumdi secara berlebihan atau terus menerus. Cara Mengatasi sesak nafas dengan obat sesak nafas alami diantaranya dengan madu, madu yang dimaksud adlah jenis madu hitam pahit. Ketika terjadi serangan sesak nafas maka cara mengatasi sesak nafas yang baik, alami dan aman adalah dengan mengkonsumsi madu hitam pahit.

Apabila serangan sesak nafas kerap kali terjadi, maka ketahuilah apa penyebabnya, misal setelah lelah olahraga berat, mengkonsumsi minuman dingin, menghirup udara kotor seperti asap atau berdebu, dan lainnya. Maka hal itu harus dihindari. Cara mengatasi sesak nafas yang baik adalah dengan menghindari penyebab terjadi sesak nafas. Namun apabila penyebab tersebut sukar untuk dihindari, karena kehidupan kita sehari-hari di lingkungan yang berdebu mungkin, atau lembab, maka cara mengatasi sesak nafas adalah dengan meningkatkan daya tahan tubuh secara alami, yaitu dengan pertama, olah raga ringan teratur, dan konsumsi madu hitam pahit. Mengkonsumsi madu hitam pahit cukup 1 sendok pagi dan 1 sendok malam, maka akan lebih terhindar dari serangan sesak nafas.

Demikian artikel yang kami buat tentang "CARA DAN TIPS MENGATASI SESAK NAFAS" semoga dapat bermanfaat bagi anda..

Description: Cara Mengatasi Penyakit Sesak Nafas Rating: 4.9 Reviewer: isroi - ItemReviewed: Cara Mengatasi Penyakit Sesak Nafas
Info lebih lanjut >>

0 komentar:

Posting Komentar